Thursday, April 26, 2007

GUNUNG LEUSER

Gunung Leuser adalah gunung tertinggi ke dua di Sumatera dengan ketinggian 3.381 Mdpl. Gunung ini bukan merupakan gunung berapi. Terletak di wilayah aceh dan sumatera utara, masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser.

Dapat ditempuh dari Kutacena, Aceh Tenggara, berjarak sekitar 2-10 km dekat dengan jalan Banda Aceh - Bakongan (508 km), jalan raya Medan - Bohorok/Bukit Lawang (91 km), Medan - Besitung/Sekundur (100 km), dengan berbagai pilihan kendaraan umum.
Dari Medan dapat dijangkau melalui pintu Ketambe, Aceh Tenggara (250 km), dan dari Bohorok/Bukit Lawang (91km), dan Sekundur (100km).

Suhu minimum rata-rata 21,5 ºC dan suhu maksimum rata-rata 27,5 ºC. Curah hujan berkisar antara 1.300mm - 4.600mm pertahun. Selama musim kemarau curah hujan tidak pernah dibawah 100mm perbulan, dengan kelembaban antara 80 - 100 %.

Hutan di gunung Leuser adalah merupakan salah satu dari hutan terbesar di Asia Tenggara, dan berbentuk tapal kuda dan memiliki habitat yang sangat luas. Taman ini dibelah oleh sungai Alas yang indah, dimana pengunjung dapat mendayung rakit. Terdapat tempat rehabilitasi orang utan di Bohorok.

Berbagai buah-buahan tumbuh di sini seperti citrus liar (Citrus macroptera), durian hutan (Durio exyleyanus dan Durio zibethinus), duku (Baccaurea mentleyana, Baccaurea racemosa, Lansium domesticum), mangga hutan (Mangifera foetida dan Mangifera guardriflia), Flacourtia rukam dan rambutan (Nephelium lappaceum). Terdapat juga tumbuhan yang aneh seperti rafflesia atjehensis dan Johannesteijs mania altifrons.

Terdapat sekitar 105 jenis mamalia seperti orang utan juga terdapat gibbon putih, monyet daun, siamang, monyet ekor babi, monyet ekor panjang, harimau, gajah, badak sumatera, ada juga beruang. Tercatat ada 313 jenis burung yang hidup di taman.

No comments: