Tuesday, April 24, 2007

GUNUNG DEMPO

Nama Kawah : -
Type : Strato
Letak : Kec. Pagar Alam Kab. Lahat - Sumsel - Bengkulu)
Tinggi : 3173 mdpl
Posisi Geografi : -
Biaya Ekspedisi
Jakarta - Lahat Rp 200.000,- terus ke perkebunan teh dempo (timur) Rp.40.000,-
Tiket Pendakian + Asuransi Rp -
Waktu pendakian : 8 jam
Jalur Alternatif Pendakian

Pandangan Umum

Gunung Dempo seperti merupakan slah satu target pendakian. khusus orang sumatera (palembang, bengkulu, lampung dan sekitarnya) mendaki gunung ini sudah hal yang biasa karena gunung ini memang ramai dikunjungi oleh para pendaki yang berasal dari daerah sekitarnya.
Jalur menuju ke puncak gunung inipun sudah sangat jelas dan bahkan di hari-hari biasa pun banyak orang desa yang sengaja naik ke puncak baik itu untuk mencari kayu ataupun sekedar berhiking ria. gunung ini memang cukup tinggi tetapi air jernih yang ada terdapat sampai setengah perjalanan ke gunung ini sehingga para pendaki tidak perlu khawatir kehabisan air minum selama perjalanan.
tetapi karena jalannya yang lembab di gunung ini seperti juga gunung kaba terdapat banyak pacet yang dijumpai di perjalanan menuju puncak sehingga pendaki harus berhati-hati dan selalu memeriksa keadaan badan.
Cara mencapai puncak
Untuk mencpai puncak pendaki dapat menempuhnya dengan terlebih dahulu menuju ke perkebunan teh Dempo yang terletak di lereng timur gunung ini. Jarak dari pagar alam ke perkebunan teh dempo (PTPN III) adalah sekitar 10 km dan dapat dicapai dengan kendaraan lokal ataupun pendaki berjalan kaki selama 1 jam.
Dari kawasan perkebunan ini pendaki dapat bertanya ke penduduk setempat tentang jalur tunggal menuju ke puncak Dempo. setelah sekitar 8 - 10 jam perjalanan pendaki dapat mencapai puncak dempo dan dapat juga bermalam di puncak karena kawasan puncak gunung ini cukup baik untuk melakukan point (camp).

No comments: