Tuesday, April 24, 2007

GUNUNG KERINCI

Nama Kawah : -
Type : Strato
Letak : Kec. SulakDeras Kab. Kerinci - Jambi
Tinggi : 3800 mdpl
Posisi Geografi : 10 - 45,50 LS dan 1010 - 160 BT
Biaya Ekspedisi
Rincian perjalanan Bandung - Jambi - Kersiktua Rp.500.000
Tiket Pendakian + Asuransi Rp -
Waktu pendakian : 16 jam
Jalur Alternatif Pendakian

Pandangan Umum

Tidak jauh berbeda dengan gunung-gunung yang berada di pulau jawa pada umumnya gunung yang terletak di propinsi Jambi ini menjadi daya tarik pendaki untuk menaklukannya.
Gunung api ini terjepit diantara dua pegunungan di barat dan di timurnya. kerucut yagn paling muda gunduul dan kawah gunung ini terletak di timur laut sisa dinding kawah berapi - elok (3655 - 3649) meter kawah gunung ini cukup unik dan biasanya terisi air berwarna hijau ke kuning-kuningan.
Cara mencapai puncak
Untuk mencpai puncak gunung yang berketinggian 3800 mdpl ini pendakian dimulai dari lubuk gadang yang terletakl di lembah liki, mengikuti dasar sungai timbulun, pendakian hari pertama dan hari kedua tidak terlalu berbahaya karena jalur yang ada sudah mulai jelas karena mulai banyaknya pendaki yang lewat. hanya saja pendakian pada hari ketiga (terakhir) jalur menuju peuncak tidak terlalu jelas sehingga pada bagian - bagian tertentu pendaki harus merintis jalan, tapi tidak terlalu sulit karena vegetasi di atas 3000 tidak terlalu rapat sehingga pendaki tidak mudah kehilangan arah. jalur pendakian yang lain yang dapat ditempuh adlah :
1. dari pesanggrahan perkebunan kayu aro (1400 mdpl) lamanya pendakian sekitar 3 hari pulang pergi dan dari jalur ini akan melewati pesanggrahan kehutanan di kawasan puncak.
2. dari kampung kersiktua (1500 mdpl) hari pertama pendakian dari kampung kersiktua - pesanggrahan kehutanan. hari kedua pesanggrahan kehutanan - puncak pulang pergi hari ketiga pesanggrahan kehutanan kampung kersiktua.

No comments: